Semua Bisa Jadi Chef dengan Yummy App

By | November 14, 2020

30 Oktober 2020, liburan panjang dua Minggu yang lalu kumanfaatkan dengan belajar memasak melalui Yummy App. Ide itu muncul ketika aku menjelajahi beranda Instagram. Ada video makanan dari @yummy.idn yang tampaknya begitu menggoda. Cilok namanya, makanan ringan khas Jawa Barat. Cilok merupakan gambungan dari 2 kata, yaitu aci dan dicolok.

Kebetulan sekali aku juga lagi ingin makan cilok. Cilok juga merupakan camilan favoritku sejak kecil. Ketika aku melakukan perjalanan ke suatu daerah tertentu, cilok menjadi salah satu yang selalu kucari, karena memang tersedia di berbagai daerah. Jika sebelumnya aku selalu dibuatkan oleh mamiku, kali ini aku mencoba membuatnya 100% sendiri. Seharusnya aku bisa, toh ada aplikasi memasak yang membantu seperti Yummy App ini.

Yummy App

Yummy App merupakan aplikasi yang dibuat oleh IDN Media untuk membantu orang-orang membuat makanan, minuman, camilan dan kue dengan mudah. Tampilannya simple, tapi juga lengkap. Bagi seorang pemula sepertiku, yang ingin terus meningkatkan skill memasak, Yummy App cocok sekali untuk terus digunakan sebagai referensi. Aplikasi ini menyediakan informasi resep, mulai dari bahan serta langkah-langkah membuatnya, bahkan ada juga yang dilengkapi gambar dan video.

yummy app

Tampilan Yummy App meliputi : bahan, langkah-langkah, yang dilengkapi dengan video dan gambar

Proses Pembuatan Cilok

Oke, mari kembali ke pembahasan pembuatan cilok dua pekan lalu. Tentu saja hal pertama yang kulakukan adalah membeli bahan-bahan seperti yang disebutkan di aplikasi Yummy App. Aku cukup membeli tepung terigu, tepung tapioka dan ayam giling. Sedangkan bahan yang lain sudah ada. Setelah semua bahan sudah siap, aku tinggal mengikuti langkah-langkah yang sudah dirangkum oleh tim Yummy App sebanyak 5 langkah. Sebagai referensi awal agar mudah diingat nantinya, aku melihat video yang tersedia di menu paling atas. Adanya video sangat membantu bagiku untuk membayangkan prosesnya, alih-alih hanya langkah-langkah berupa tulisan.

yummy app

Proses pembuatan cilok

Aku mengikuti semua langkah serta bahan dalam pembuatan cilok kali ini, bahkan dalam segi takaran sekalipun, karena aku ingin rasanya juga sama menggoda seperti halnya di video. Sebagai pembeda, aku menambahkan keju ke sebagian cilok agar rasanya lebih gurih.

Baca juga :   CILOK BUATAN MAMINYA BAYU

Tidak butuh waktu yang lama hingga cilok ini bisa dinikmati. Rasanya cukup berbeda dibandingkan cilok yang biasa dibuat oleh mamiku, karena memang bahan sausnya sudah berbeda. Edisi cilok kali ini, sausnya menggunakan saus gochujang, khas Korea Selatan. Rasa sausnya mirip saus tteokbokki. Warnanya yang merah merona membuatku menelan ludah, ingin segera menyantapnya. Hasilnya? Tidak mengecewakan untuk percobaan pertamaku membuat cilok sendiri, tanpa bantuan siapapun. Perpaduan antara cilok yang kenyal, serta rasa gurih keju dari beberapa cilok, dan sausnya menghasilkan rasa yang mengagumkan. Rasa kenyal, gurih, manis dan pedas menjadi satu.

Cilok siap disantap

Cooking dan cleaning is a basic life skill. Not a gender role.

Aku akan senantiasa menggunakan aplikasi Yummy App untuk membuat berbagai makanan/camilan selanjutnya. Sungguh aplikasi ini cocok sekali bagi orang-orang yang ingin belajar memasak. Ingat, memasak bukanlah semata-mata tugas seorang perempuan, tapi merupakan skill dasar kehidupan, yang seharusnya dimiliki oleh semua orang, baik laki-laki atau perempuan.

Selain mengunduh aplikasi Yummy App di Play Store, kalian juga harus mengikuti laman instagramnya, yaitu @yummy.idn. Instagram itu seringkali menampilkan menu makanan/minuman/camilan yang menggugah selera. Kalian bisa memantaunya untuk sekadar mencari inspirasi makanan yang ingin dibuat dan resep makanan. Dijamin selera makan akan meningkat ketika melihat unggahan Instagram @yummy.id.

 

Writer : Bayu Rakhmatullah

 

Mari Berdiskusi