Hujan di Bulan Juni

By | June 28, 2022

Udara dingin masuk melalui jendela yang selalu kubuka di malam hari. Hujan rintik-rintik bagaikan melodi tidur. Sesekali petir menyambar, menjadikan suasana di malam itu semakin magis.

Aku suka hujan di bulan Juni. Hujan yang jarang-jarang karena mulai memasuki musim kemarau. Tidak begitu lebat, namun membawa udara yang dingin. Berada di bawah selimut jadi semakin nyaman.

hujan bulan juni

Sumber : Unsplash

Sebenarnya aku tidak begitu menyukai hujan. Hujan seringkali menghalangiku melakukan perjalanan. Atau merusak rencana perjalananku. Hujan juga membuat pendakian menjadi semakin sulit dan tidak nyaman. Pemandangan sunrise, sunset, atau milky way tak tampak ketika hujan.

Aku menyukai hujan dengan syarat. Aku menyukai hujan ketika aku tidak ke mana-mana. Aku menyukai hujan ketika aku berada di rumah. Jika pun ternyata aku sedang dalam perjalanan, selama aku tidak membawa laptop dan kamera, aku tetap bisa menikmati hujan. Dan syarat-syarat lainnya.

Aku menyukai hujan di bulan Juni. Hujan di bulan Juni memenuhi berbagai persyaratanku. Khusus di bulan Juni aku beristirahat dari perjalanan. Aku memilih menghabiskan waktu di rumah, nonton film dan membaca buku. Jika pun berwisata, aku memilih untuk staycation atau wisata kuliner.

Hujan Bulan Juni

tak ada yang lebih tabah

dari hujan bulan Juni

dirahasiakannya rintik rindunya

kepada pohon berbunga itu

 

tak ada yang lebih bijak

dari hujan bulan Juni

dihapusnya jejak-jejak kakinya

yang ragu-ragu di jalan itu

 

tak ada yang lebih arif

dari hujan bulan Juni

dibiarkannya yang tak terucapkan

diserap akar pohon bunga itu

 

Sapardi Djoko Damono

hujan

Sumber : Unsplash

Aku duduk di pinggir jendela dengan selimut membalut tubuhku, menyaksikan hujan yang membasahi bumi. Secangkir kopi sudah menjadi dingin. Puntung rokok tinggal setengah. Hujan seringkali membawa kenangan, terlebih tentang dia. Sekelebat bayangan wajahnya muncul di pikiranku. Kenangan tentang dia, melakukan perjalanan berdua di Yogyakarta seperti rekaman yang diputar berulang-ulang. Oh, hujan di bulan Juni …

Baca juga :   TIGA BERSAUDARA

 

Writer : Bayu Rakhmatullah

Mari Berdiskusi